Senin, 15 Agustus 2016

Uji Pasangan Ganda

Share it Please

Uji pasangan ganda bisanya dipakai untuk melihat tingkat perbedaan sampel yang berbeda pada pengujian. Untuk pengertian pasangan ganda itupun  sendiri adalah metode yang digunakan untuk melihat pengaruh subsitusi bahan yang digunakan dalam proses pengolahan, bahan pengemas, perubahan proses pengolahan maupun pengaruh penyimpanan. (Mahendradatta, 2007)

Pada uji ini panelis diminta untuk membandingkan sempel dengan sempel pembanding dan setelah itu panelis diminta untuk membandingkat tingkat perbedaan pada sempel tersebut. Metode ini sedikit susah karena panelis di minta untuk menilai tingkat perbedaan sempel jika dibandingkan dengan sempel pembanding, Dan kebanyakan panelis menilai secara subjektif sehingga sangat sulit untuk menilai tingkat perbedaannya. Ini mirip dengan yang dipaparkan oleh Pantastico (1993), Bahwa aroma dan rasa dapat membedakan makanan yang satu dengan yang lainya. Pada pengujian ini panelis menguji sampel dengan cara merasakan atau mencicipin. Maka dari itu metode ini cendrung lebih sukar dibandingkan dengan metode-metode pada uji organoleptik yang lainnya.

Uji pasangan ganda ini juga dipergunakan untuk menilai pengaruh beberapa macam perlakuan modifikasi proses maupun bahan pada pengolahan bahan suatu industry atau digunakan untuk melihat perbedaan atau persaman produk dari komoditi yang sama. Keandalan (reliabilitas) dari uji perbedaan ini tergantung dari pengenalan sifat mutu yang diinginkan, tingkat latihan panelis dan kepekaan masing-masing panelis (Susiwi, 2009).


Refrensi :
1.      Mahendradatta, Meta. 2007. Pangan Aman dan Sehat: Prasyarat Kebutuhan Mutlak Sehari-hari. Makassar : Universitas Hassanuddin.
2.      Pantastico. 1993. Fisiologi Pasca Panen, Penanganan dan Pemanfaatan Buah-Buahan dan Sayur-Sayuran Tropika dan Subtropika. Yogyakarta :Gadjah Mada Universitas Press.

3.       Susiwi .2009.Penilaian Organoleptik. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Tidak ada komentar:

>

Followers